Waktu begitu berharga bagi
seorang remaja muslim. Dapat dilihat, kebanyakan kita kurang dapat
memenej waktu dengan baik. Akhirnya, semua tugas jadi tertunda dan
tertunda. Jadinya menumpuk dan urusan yang lebih urgent jadi
terbengkalai. Berikut ada tips bagus yang bermanfaat bagi kita untuk
memenej waktu.
1. Use a To Do List
Buat daftar kegiatan yang harus
kamu lakukan. Tidak hanya sebagai pengingat tapi juga sebagai alat agar
kita bisa mengatur waktu kapan harus selesai dan berapa lama kegiatan
itu dikerjakan
2. Get Set In Your Ways
Buat rutinitas harian kamu dengan detail. Manajemen waktu yang baik itu menunjukkan organisasi yang baik pula.
3. Break It Up!
Pecahkan tugas besar kamu
menjadi tugas-tugas kecil agar memudahkan kamu untuk menyelesaikannya
karena kamu sudah menyelesaikan tiap langkah satu persatu.
4. Be Realistic
Jangan memasang target waktu yang tidak masuk akal, berikan waktu tambahan dari estimasi waktu yang diperkirakan.
5. Pick Up a Good Habit
Buat kebiasaan baru yang bisa membuat waktu kamu lebih berharga.
6. Big MessesStart With Little Piles
Selesaikan pekerjaan kamu.
Buang segala sesuatu yang tidak dibutuhkan lagi begitu kamu sudah
menggunakannya sebelum itu memenuhi ruangan.
7. Start Tomorrow Tonight!
Biasakan untuk mempersiapkan
hal-hal yang akan dilakukan besok pada malam sebelumnya, seperti
mempersiapkan baju yang akan dipakai besok atau menaruh semua hal yang
akan diperlukan pada tempatnya, karena ini akan membuat waktu kita lebih
efisien.
8. Don’t Forget To Write Yourself a Note
Gunakan reminder (pengingat) pada To Do List utama kamu. Gunakan HP atau alarm jam tangan!
9. Schedule a Task
Hal termudah untuk dapat mengerjakan apa yang ingin kamu kerjakan ialah membuat jadwal.
10. First Things First
Buat prioritas pekerjaan lalu
buat jadwal pada waktu yang sesuai. Menurut pengarang buku “Seven
Habits” Stephen R. Covey ada 4 level kepentingan dengan mempertimbangkan
dua aspek, urgency (kemendesakan) dan importancy (kepentingan) yaitu:
(1) urgent dan important, (2) tidak urgent tapi important, (3) urgent
tapi tidak important, (4) tidak urgent dan tidak important.
11. Learn to Say No!
Belajar untuk menolak ajakan
yang tidak penting dan dapat menggangu tapi lakukan dengan sopan. Kita
harus fokus terhadap waktu kita. Stay focus!
12. The Pause that Refreshes
Buat jeda waktu untuk istirahat pada jadwalmu. Ini akan membuat kita refresh dan fokus akan “Apa yang dilakukan selanjutnya?”
13. Be Flexible
Untuk membiasakan diri dengan
manajemen waktu yang efektif membutuhkan waktu yang tidak singkat.Jika
ada pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan tepat waktu, jadikan jadwal
kamu fleksibel dengan waktu yang ada.
Ibnul Qayyim rahimahullah dalam Al Fawaid berkata,
اِضَاعَةُ
الوَقْتِ اَشَدُّ مِنَ الموْتِ لِاَنَّ اِضَاعَةَ الوَقْتِ تَقْطَعُكَ
عَنِ اللهِ وَالدَّارِ الآخِرَةِ وَالموْتِ يَقْطَعُكَ عَنِ الدُّنْيَا
وَاَهْلِهَا
“Menyia-nyiakan
waktu itu lebih parah dari kematian. Karena menyia-nyiakan waktu
memutuskanmu dari (mengingat) Allah dan negeri akhirat. Sedangkan
kematian hanya memutuskanmu dari dunia dan penghuninya.”
Semoga Allah memudahkan kita untuk memanfaatkan waktu kita dengan baik.
Referensi: rhanu.web.id
0 komentar:
Posting Komentar