26.6.13

E commerce indo


Kalo ecommerce di Indonesia ga mau rugi ya harus ngikutin kultur buyer di Indonesia. Kesalahan perusahaan ecommerce luar yang masuk ke Indonesia adalah mereka menganggap kultur buyer di Indonesia itu sama kayak di Luar negeri.

salah satu contoh aja 90% buyer di Indonesia itu kalo transaksi ga mau klik add to cart trus ikutin proses sampe selese. Mereka kl order 70% itu via BBM, 20% via whatsapp, sisanya 10% via sms / YM. blm lagi masalah payment gateway dan msh banyak lagi.

Jadi kalo para pemain luar masih maksa main dengan cara mereka ya bener harus siap rugi dulu sambil nunggu market Indonesia ini mateng. Kalo ga kuat ya nasibnya bakal kayak Multiply.

Coba aja liat online store lokal jarang tuh yg rugi, bahkan banyak yg meraup untung luar biasa. Setau saya malah online store lokal yg rugi itu lebih di sebabkan karena mereka ga tau cara pemasaran internet yg benar.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

Blogroll