Brosur dan Katalog sama-sama merupakan aplikasi corporate identity
visual yang memuat informasi tentang suatu produk. Apa perbedaan antara
keduanya ??
Brosur atau pamflet merupakan selebaran yang memuat tentang
informasi atau penjelasan suatu produk, layanan, fasilitas umum, profil
perusahaan, sekolah, atau dimaksudkan sebagai sarana beriklan. Informasi
dalam brosur ditulis dalam bahasa yang ringkas, dan dimaksudkan mudah
dipahami dalam waktu singkat. Karena brosur merupakan media untuk
periklanan jadi dalam pembuatannya harus di desain sebagus mungkin agar
mampu menarik perhatian konsumen dan dicetak di atas kertas yang baik
dalam usaha membangun citra yang baik terhadap layanan atau produk
tersebut.
Brosur inilah yang paling sering digunakan oleh pelaku usaha untuk
menyebarkan informasi tetntang produknya. Sebab media ini dianggap
sangat efektif dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu produk.
Keefektifan yang dimaksud disini adalah selain biaya produksi yang
ringan, tapi juga mampu meyakinkan konsumen untuk membeli atau
menggunakan produk yang kita tawarkan. Dengan menggunakan brosur baik
pengusaha, penjual maupun produsen dapat menginformasikan kepada
konsumen mengenai keunggulan dan kelebihan dari sebuah produk.
Di dalam Brosur kita bisa menjelaskan dengan detail apa saja kelebihan
suatu produk, keuntungan apa saja yang didapat konsumen bila membeli
produk tersebut, bentuk fisik, warna, ukuran serta bagaimana cara
mendapatkan produk tersebut. Selain itu untuk menarik konsumen
diperlukan content yang sifatnya mengajak dan menarik konsumen.
Sedangkan Katalog merupakan media yang memuat informasi suatu
produk biasanya untuk produk/barang dalam jumlah banyak. Informasi dalam
catalog ini lebih lengkap dibandingkan brosur dan flyer. Informasinya
seputar spesifikasi produk, gambar produk, kelebihan dan keunggulan, dan
juga daftar harga produk tersebut secara keseluruhan.
Inilah kelebihan dari katalog, memudahkan konsumen dalam memilih suatu
produk yang sesuai dengan keinginan dan anggaran biaya. Terkadang
produk-produk yang didisplay pada katalog disertai juga dengan info
diskon yang akan menarik minat konsumen. Dari segi bentuk dan design
hampir sama, dibuat dengan design yang menarik dan informatif namun
lembaran dari sebuah katalog lebih tebal dari pada brosur atau pamflet.
0 komentar:
Posting Komentar